Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pendidikan Anak-Anak

A. Landasan
Dalam Ilmu Sosiologi, pengertian penduduk adalah sekumpulan manusia yang tinggal dan menetap dalam suatu wilayah dan periode tertentu. Ilmu yang membahas dan mempelajari mengenai masalah-masalah kependudukan disebut Demografi. Dalam ilmu demografi kita dapat melakukan pembelajaran mengenai penduduk melalui pembagian tingkat umur, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan dan pekerjaan serta penyebaran tempat tinggal. Setian tahunnya perkembangan penduduk mengalami perubahan, hal ini disebabkan adanya kelahiran, kematian dan migrasi (perpindahan penduduk). Perkembangan penduduk di suatu wilayah dapat mempengaruhi kualitas penduduk yaitu pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi dan keamanan. Suatu wilayah yang memiliki pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat tanpa diseimbangi dengan tingkat produktivitas pangan, akan mengalami krisis lingkungan hidup yang meliputi krisis pangan, air , tempat tinggal dan lahan produksi pangan.
Pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dan sangat pesat biasanya terjadi pada kota-kota besar. Hal ini sebabkan oleh pola urbanisasi yang tidak sehat. Setiap tahunnya semakin banyak penduduk pedesaan yang pergi dan menetap di perkotaan, akibatnya lahan kota semakin sempit dan mengalami kepadatan penduduk yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan masalah pengangguran, gelandangan dan tindak kriminalitas yang tinggi.

A. Pertambahan Penduduk dan Tingkat Pendidikan.
Suatu wilayah dengan pertambahan penduduk yang pesat dapat menyebabkan masalah- masalah pendidikan, pengangguran, kesenjangan sosial dan masalah-masalah lainnya. Dengan jumlah penduduk yang besar maka fasilitas- fasilitas sosial, pendidikan dan pekerjaan juga ikut meningkat. Jika penduduk di suatu kota yang padat tidak terpenuhi fasilitas pendidikannya maka akan menyebabkan penurunan tingkat pendidikan wilayah tersebut. Tingkat pendidikan yang rendah dapat menyebabkan pengangguran sehingga dampak pada tingkat perekonomian juga memburuk. Jika masalah ini terus diabaikan maka kemerosotan negara tidak dapat dihindari.
Tingkat pendidikan yang buruk dapat menyebabkan anak-anak mengalami depresi. Hal ini memicu terjadinya pekerjaan-pekerjaan yang tidak layak dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Bahkan dampak lain dari masalah ini bisa menyebabkan tingkat tindakan kriminal yang dilakukan anak-anak meningkat. Generasi muda dan anak-anak yang cerdas adalah kunci kemajuan suatu negara. Jika masa kanak-kanak mereka diisi dengan hal-hal negatif maka jalan menuju kesuksesan bangsa akan semakin jauh.

Daftar Pustaka
Santoso Budi, 1999, Ilmu Lingkungan Industri, Universitas Gunadarna, Depok.
Wikipedia, 2010, Penduduk.

http://id.wikipedia.org/wiki/Penduduk/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: