Hubungan Erat antara Manusia dan Sumber Daya Alam

Penulis : Agung Wicaksono

Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk diolah dan dimanfaatkan dalam mempertahankan kehidupannya, namun terkadang kita berlebihan dalam mengeksploitasi sumber daya alam sehingga keseimbangan lingkungan mengalami gangguan. Pada dasarnya sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, flora dan fauna. Sumber daya jenis ini apabila mengalami kelangkaan akibat eksploitasi berlebihan maka keseimbangan ekosistem akan terganggu. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Hal ini disebabkan sumber daya ini baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.

A.                Landasan

Sumber daya alam yang diperlukan mempunyai keterbatasan dalam banyak hal, yaitu keterbatasan tentang ketersediaan menurut kuantitas, kualitas, ruang dan waktu. Oleh sebab itu diperlukan pengelolaan sumberdaya alam yang baik dan bijaksana. Sumber daya alam dan kehidupan  manusia memiliki ketergantungan yang sangat erat. Kehidupan manusia tidak akan berjalan tanpa air, udara dan hasil hutan serta sumber daya alam lainnya. Begitupun  sebaliknya air, udara dan lainnya tidak dapat terjaga dan terlestarikan dengan baik apabila manusia tidak menggunakannya dengan bijaksana.

B.                Kebijaksanaan Pengelolaan SDA

Pengelolaan lingkungan dan SDA termasuk pencegahan, penanggulangan kerusakan dan pencemaran serta pemulihan kualitas lingkungan adalah menjadi tanggung jawab bersama antara masyarakat dan peran pemerintahan. Dalam hal ini tujuan dari Pengelolaan lingkungan dan SDA adalah peningkatan kesejahteraan dan taraf kehidupan masyarakat. Masyarakat harus menyadari bahwa kesejahteraannya dipengaruhi oleh cara mereka mengekspoitasi sumber daya alam di sekitar lingkungan mereka. Namun peran serta pemerintah juga diperlukan dalam mewujudkan lingkungan yang selaras dan masyarakat yang sadar akan pelestarian. Hal ini pemerintah memiliki kewenangan dan kekuasaan dalam membuat peraturan mengenai kebijaksanaan dalam pengolahan SDA. Pemerintah juga memiliki tanggung jawab yang besar apabila lingkungan tempat tinggal  masyarakatnya telah mengalami kerusakan. Mereka bertanggung jawab mengalokasikan dana untuk perbaikan lingkungan serta memberikan penyuluhan yang efektif agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan SDA.

Masyarakat, permerintah dan perusahaan-perusahaan yang bersangkutan langsung dengan ketersediaan SDA harus memiliki kesadaran yang tinggi bahwa persediaan SDA di masa sekarang sangat mempengaruhi di masa yang akan datang. SDA memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Hutan adalah SDA terbesar di muka bumi dan maka dari hal itu kita harus bijaksana dalam mengolah hutan sebab tanpa adanya hutan maka kita akan banyak mengalami bencana dan krisis pangan, air serta udara yag bersih. Akhir- akhir ini sering terjadi pemusnahan hutan-hutan kecil untuk dijadikan pemukiman atau perumahan. Dalam hal ini pemerintah seharusnya tegas dan bijaksana dalam mengambil keputusan namun pada kenyataannya pemerintah lebih mengutamakan pembanguan tempat tinggal. Dalam hal ini perlu ditinjau lebih jauh bahwa keberadaan hutan-hutan kecil merupakan hal penting dalam pengolahan SDA. Kita harus menanamkan prinsip dalam diri masing-masing bahwa SDA tidak hanya untuk diekspoitasi namun juga untuk dikembangkan dan dilestarikan agar sistem keseimbangan lingkungan tetap stabil dan mengurangi resiko bencana alam.

C.               Pengelolaan Sumber Daya Alam

Dalam pengelolaan SDA kita memiliki tujuan yang sama yaitu agar terus tersedianya SDA yang dapat diperbaharui, menghemat dan meminimalkan penggunaan SDA yang tidak dapat diperbaharui serta mencari subtitusi dari SDA yang tidak dapat diperbaharui. Seperti yang telah dijelaskan di atas hutan merupakan tempat tersedianya berbagai macam SDA. Hutan yang mengalami kerusakan maka persediaan SDA yang ada di dalamnya tidak sehat dan cenderung sedikit. Oleh karena itu kita perlu melakukan usaha reboisasi agar hutan kembali hijau. Dari usaha reboisasi ini banyak hal yang kita untungkan yang pertama adalah persediaan udara bersih yang meningkat. Kedua, kita dapat memiliki kualitas tanah yang baik sehinnga kualitas air juga membaik. Ketiga, kehidupan fauna dapat membaik sehingga keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Kita juga dapat melakukan banyak cara lain dalam mengelolah SDA salah satunya adala pembangunan waduk sebagai pengolahan air bersih, membuat hutan lindung, membangun peternakan untuk hewan yang dijadikan bahan makanan, membuat hutan produksi agar persediaan kayu tetap terjaga, melakukan kegiatan pertanian dan perkebunan tanpa menggunakan lahan hutan serta menggunakan bahan bakar alternatif lain seperti bio solar dalam penghematan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Usaha-usaha di atas tidaklah memiliki dampak negatif yang besar sehingga kita dapat menikmati keseimbangan antara pembangunan negara dan pengelolaan SDA.

Dari pengelolaan dan pemanfaatan SDA kita dapat menikmati banyak hal antara lain,

  1. Hutan (flora):
  • Sumber oksigen bagi seluruh makhluk hidup.
  • Mengurangi intensitas polusi
  • Mencegah bencana (longsor dan banjir)
  • Bahan-bahan kebutuhan manusia ( kebutuhan indutri dan makanan)
  1. Air merupakan kebutuhan utama seluruh makhluk hidup. Bagi manusia selain untuk minum, mandi dan mencuci, air bermanfaat juga:
  • sebagai sarana transportasi 
  • sebagai sarana irigasi/pengairan
  • sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  1. Flora dan Fauna :
    1. Peternakan ( Sumber Pangan )
    2. Perkebunan ( Sumber Pangan, Bahan Industri  )
    3. Pertanian ( Sumber Pangan )

Demikian tulisan ini dibuat atas dasar pemikiran dan cita-cita kita semua agar bumi kita tidak kehabisan sumber dayanya yang kita manfaatkan dan kita lestarikan bersama.

Daftar  Pustaka

Arma Zulfikar. 2010. Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam Masa Lalu Sebagai Arah dalam Pengelolaa Sumber Daya Alam Kekiniian.

http://gayoaceh.wordpress.com/2010/06/11/kebijakan-pengelolaan-sumber-daya-alam-masa-lalu-sebagai-arah-dalam-pengelolaan-sumber-daya-alam-kekinian/

            Wikipedia. 2010. Sumber Daya Alam.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: