Peningkatan Kesadaran Lingkungan Demi Pembangunan Yang Positif

Masalah lingkungan hidup merupakan masalah besar yang bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Suatu wilayah lingkungan yang keseimbangannya terganggu maka lingkungan tersebut akan mudah diserang wabah penyakit atau bencana alam. Terganggunya keseimbangan lingkungan juga dapat menyebabkan kelangkaan suatu sumber daya alam yang ada dalam lingkungan tersebut sehingga akan mengalami krisis SDA. Rusaknya suatu lingkungan tak lain adalah perbuatan tangan-tangan manusia sendiri, maka dari itu peran dan kesadaran manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup bersama.

A.  Kesadaran Lingkungan

Kita semua selalu mengharapkan lingkungan yang kita tinggali selalu terjaga akan kebersihan, kenyamanan dan kelestariannya namun kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup masih sangat kurang. Masyarakat Indonesia memiliki sifat konsumtif yang sangat besar, sehingga hal ini menyebabkan pembuangan limbah dan sampah jauh lebih banyak dibanding usaha pengolahannya. Pembangunan lahan pemukiman secara besar-besaran juga sangat mempengaruhi keseimbangan lingkungan. Lahan-lahan pertanian, perkebunan dan hutan dibabat habis untuk dijadikan perumahan-perumahan mewah, sehingga banyak flora dan fauna kehilangan habitat aslinya. Masalah-masalah tersebut merupakan tugas kita bersama dalam mengurangi kerusakan lingkungan.

            Kita harus sadari bahwa kerusakan lingkungan adalah akibat dari perbuatan kita bersama sehingga kita pun yang harus bertanggung jawab bersama-sama untuk melestarikan lingkungan kita sendiri. Masyarakat yang melakukan perusakan lingkungan perlu diberikan sanksi yang berat, namun pemerintah sendiri juga belum memiliki kesadaran bahwa pengawasan terhadap lingkungan hidup itu sangat penting. Kurangnya pengawasan terhadap kasus-kasus pembalakan liar, pembuangan limbah industri yang berbahaya dan pemburuan terhadap satwa-satwa di tanah air menyebabkan kasus-kasus tersebut semakin marak dan tanpa takut pelakunya melakukan pelanggaran atas kerusakan lingkungan. Maka dari itu diperlukan kesadaran dan kerjasama yang kuat antara masyarakat dan pemerintah dalam pengawasan dan pelestarian lingkungan demi terjaganya lingkungan hidup yang lebih baik.

B.  Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup Oleh Proses Pembangunan

Pola hidup masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif menyebabkan kebutuhan akan terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat maka para pendiri industri melakukan pembangunan pabrik-pabrik di berbagai tempat. Hal ini menyebabkan pembuangan sampah dan limbah membutuhkan lahan yang sangat besar. Apabila limbah-limbah industri tidak dikelola dengan bijak maka akan menyebabkan pembuangan limbah dilakukan di tempat yang seharusnya. Jika pembungan limbah dan sampah dilakukan di suatu pemukiman warga maka dapat dipastikan keseimbangan lingkungan pemukiman tersebut akan terganggu. Bahkan apabila limbah yang buang memiliki sifat yang sangat berbahaya dan reaktif maka dapat menyebabkan penyakit-penyakit dan kelainan pada ekologi tersebut atau bahkan dapat menyebabkan mutasi pada flora dan fauna.

Seperti yang kita ketahui pertumbuhan penduduk di kota Jakarta dan sekitarnya sangat pesat, hal ini penyebabkan lahan tempat tinggal dan fasilitas-fasilitas umum seperti transportasi semakin meningkat sehingga dewasa ini di kota Jakarta dan sekitarnya seakan- akan tidak memiliki lahan perkebunan dan pepohonan yang cukup. Ketidakseimbangan antara polusi dan limbah yang dihasilkan dengan pengolahan dan pelestarian lingkungan yang baik menyebabkan suhu kota – kota besar meningkat. Hal ini juga berdampak pada kurangnya oksigen yang dibutuhkan dan meningkatnya produksi udara kotor, istilah ini bisanya disebut global warming.

Pandangan negatif masyarakat di pedesaan terhadap pembangunan baik pembangunan industri maupun pembangunan pemukiman menyebabkan terjadinya pelarangan dari masyarakat. Padahal tidak semua pembangunan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Pembangunan yang diseimbangi dengan usaha pelestarian lingkungan dan usaha pengolahan limbah yang efektif dapat menghasilakan dampak yang positif bagi pembangunan negara. Pembangunan yang merata dan sadar akan lingkungan hidup akan membantu negara untuk selangkah lebih maju dalam mencapai cita-cita menjadi negara yang maju.

Daftar Pustaka

Santoso Budi, 1999, Ilmu Lingkungan Industri, Universitas Gunadarna, Depok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: