Bhineka Tunggal Ika Sebagai Upaya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Bangsa Indonesia merupakan bangsa hebat yang memiliki berbagai macam keanekaragaman suku, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Dari segala macam perbedaan itu kita sebagai bangsa Indonesia patutnya bangga. Dimana jika kita lihat dari keberagaman tersebut tersimpan suatu makna keindahan yang tidak dimiliki bangsa-bangsa besar lainnya.

Selain kaya akan budaya, bangsa Indonesia juga kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Dari Kepulauan Sabang sampai Merauke terjejer ribuan pulau-pulau yang menyimpan keberagaman kekayaan alam. Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan budaya dan sumber daya alam yang melimpah serta dimana segala perbedaan disatukan dengan sebuah semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Sebuah semboyan yang kokoh dan merupakan jati diri bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dikenal dunia sebagai bangsa yang tinggi akan rasa nasionalis dan kesatuannya. Dari hal tersebut kita patutnya bangga dan membanggakan apa yang dimiliki bangsa kita. Semangat gotong royong yang menjadi ciri khas rakyat Indonesia diharapkan tidak akan pernah pudar sampai kapanpun.

Di masa lalu bangsa Indonesia adalah salah satu bangsa yang terjajah dan karena kuatnya keinginan untuk merdeka maka para pejuang bangsa akhirnya berhasil merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Lalu kita sebagai generasi penerus kemerdekaan bertanggung jawab dalam mempertahakan kemerdekaan. Dimana kemerdekaan bukanlah akhir perjuangan namun kemerdekaan adalah langkah awal dalam membangun bangsa Indonesia. Kita memiliki kewajiban mengamalkan sikap demokrasi yang berdasarkan Pancasila. Yang kita telah mengerti bahwa Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia, dimana isinya mengandung arti ketuhanan, kemanusian, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Dari makna-makna tersebut diharapkan dalam hati sanubari seluruh rakyat Indonesia tersimpan rasa kesatuan yang kuat dalam menjaga dan membangun negara serta terus melestarikan keanekaragaman budaya. Dan bukan malah dari perbedaan yang telah tercipta maka kita akan mudah terpecah belah.

Untuk tercapainya tujuan-tujuan mulia yang telah dicita-citakan bersama maka kita harus menanamkan rasa nasionalis yang kuat dalam diri kita. Hilangkan segala rasa perbedaan dan banggakanlah atas keanekaragaman yang telah dianugerahkan pada kita. Kita berkewajiban mengajarkan pada mereka yang lebih muda atas indahnya perbedaan dan kuatnya “bhineka tunggak ika”. Sedini mungkin kita tanamkan jiwa gotong royong pada anak didik kita. Karena pada hakikatnya Pendidikan Kewarganegaraan adalah jalan untuk kita dalam menanamkan rasa nasionalis, demokratis yang kuat dan sejati. Perbedaan bukanlah halangan melainkan keindahan dalam mencapai persatuan dan kesatuan Bangsa Kita Bangsa Indonesia.

Pesan Penulis:
“Bahwa kita patutnya bangga atas keanekaragaman budaya yang kita miliki, bukannya berperang saudara atas alasan perbedaan suku atau agama.”
“Mari kita tanamkan sikap tenggang rasa demi tercapainya Persatuan dan Kesatuan Bangsa!”
“Mari kita laksanakan budaya gotong royong sebagai jalan perdamaian dan persatuan!”
“Demi tercapainya cita-cita Bhineka Tunggal Ika, kita bersama dalam membangun bangsa yang damai dan memiliki jiwa nasioanlis yang kuat.”

Daftar Pustaka
Setyo Listyati, Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air dengan Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Budaya, Universitas Airlangga, Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: