Etika dan Norma Menulis di Internet

 

Bagi kebanyakan orang, kegiatan menulis di internet merupakan suatu hobi dan kesenangan tersendiri. Melalui internet orang dapat menyalurkan hobi menulisnya dan dengan mudah hasil karya tulisnya dapat dibaca banyak orang. Kita juga dapat bertukar informasi melalui email,  chatting, forum diskusi atau bahkan jejaring sosial. Namun dibalik kemudahan tersebut terkadang sebagian orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan media internet untuk melakukan kejahatan seperti penipuan jual beli, penculikan, pencemaran nama baik, pemalsuan , pembajakan dan lain-lain. Bukan hanya itu kadang artikel atau tulisan di internet dapat memacu terjadinya keributan baik yang hanya di dunia maya atau bahkan di dunia nyata. Oleh karena itu dalam menulis di internet baiknya kita tetap menjaga etika dan norma dalam penulisan di internet.

Dengan adanya etika dan norma-norma yang ada diharapkan para penulis dunia maya lebih berhati-hati dalam mempublikasikan tulisannya agar tidak menimbulkan kontroversi. selain itu dengan menjunjung etika dalam penulisan internet diharapkan tidak terjadi lagi kasus-kasus pencemaran nama baik sesorang atau kelompok atau bahkan suatu instansi yang terkait, baik melalui verbal ataupun media seperti gambar, foto dan video. Berikut etika penulisan di internet yang baik dan benar agar pesan atau informasi yang ingin kita sampaikan dapat tersalurkan dengan baik tanpa merugikan pihak manapun.

1. Selalu mencantukan sumber tulisan atau bahan referensi.

Terkadang dalam menghasilkan sebuah tulisan tidak selalu tulisan tersebut murni atau asli hasil karya kita sendiri. Kita membutuhkan sumber informasi lain atau referensi lain dari hasil tulisan orang lain. Untuk menjaga agar tidak terjadi tindakan plagiat atau peniruan baiknya kita mencatungkan sumber dari mana kita dapat informasi tersebut. Hal ini juga untuk tetap menghargai hasil karya orag lain.

2. Menulis dengan tata cara dan aturan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan )

Dalam menulisa di internet bukan berarti kita beban menggunakan kata-kata yang tidak baku dengan tujuan agar mudah dimengerti pembaca. Pada dasarnya dengan mengikuti tata cara dan aturahn EYD makan tulisan kita akan terlihat lebih berbobot dan mudah dimengerti pembaca

3. Menghindari kata-kata yang mengandung SARA dan tidak sopan.

Sebuah tulisan patutnya tidak boleh menyinggung suatu perbedaan agama, suku ataupun ras. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya penghinaan dan pelecehan suatu agama, suku atau ras. Selain itu suatu karya tulis tidak dibenarkan mengandung kata-kata kotor dan tidak sopan.

4. Memberikan informasi yang jelas dan benar serta berdasarkan bukti otentik dan fakta.

5. Menerima dan memberi tanggapan atas saran, kritik dan masukkan dari pembaca.

6. Menghindari kata kata yang bisa membuat nama baik seseorang tercemar atau yang dapat mengadu domba suatu pihak dengan pihak lain.

7. Memberikan gambar ilustrasi atau foto untuk memperjelas tulisan dan sebagai bukti kebenaran tulisan.

8. Menghindari konten atau kata, gambar, foto atau video yang berbau pornografi , seksual dan kekerasan.

9. Menghormati privasi dan data pribadi seseorang.

Demikian etika dan norma yang wajib kita jaga dalam menulis di internet. Semoga kita dapat terus berkarya.

Salam Penulis.

 

Sumber referensi :

http://affandymuradsite.blogspot.com/2011/10/etika-dan-norma-dalam-penulisan-di.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/etika-menulis-di-internet-8/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/etika-menulis-di-internet-15/

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: