Organisasi dan Arsitektur Komputer

Pada dasarnya komputer  adalah sebuah perangkat  elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam  komputer  tersebut  dan menghasilkan keluaran informasi  yang  dihasilkan setelah diolah.  Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.

Komputer  terdiri  dari  lima  bagian utama  yang memiliki  fungsi  masing-masing. Bagian-bagian   tersebut  yaitu,   masukan, memori, aritmetika  dan logika, keluaran dan kontrol seperti pada gambar di bawah ini.

 

Organisasi  dan Arsitektur Komputer

Organisasi  Komputer adalah bagian yang  terkait  erat  dengan unit–unit  operasional  dan interkoneksi  antar  komponen penyusun sistem  komputer  dalam  merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek  organisasional  adalah teknologi  hardware, perangkat  antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.

Organisasi sebuah computer dapat berubah mengikuti dan menyesuaikan perkembangan teknologi. Sehingga pada setiap komputer tidak selalu memiliki organisasi yang sama.

Sedangkan Arsitektur Komputer meruapakan gaya konstruksi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Arsitektur  Komputer  lebih cenderung  pada  kajian atribut–atribut  sistem  komputer  yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Sebagai  contoh apakah suatu komputer  perlu memiliki  instruksi  pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan  secara  langsung  ataukah            melalui  mekanisme  cache  adalah kajian organisasional.

Struktur Komputer

Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi  dengan dunia  luar  dilakukan melalui  perangkat  peripheral  dan saluran komunikasi.  Pada system komputer terdapat empat struktur utama:

  1. Central  Processing Unit  (CPU), berfungsi  sebagai  pengontrol  operasi  komputer  dan pusat  pengolahan fungsi  – fungsi  komputer. Kesepakatan, CPU  cukup disebut  sebagai processor (prosesor).
  2.  Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
  3. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
  4. System  Interconnection, merupakan sistem  yang  menghubungkan CPU, memori  utama dan I/O.

Daftar Pustaka

http://journal.mercubuana.ac.id/data/ARSITEKTUR%20%20KOMPUTER1.doc

http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/materi/190000007-ST094-27/2009/12/20091211_organisasi%20dan%20arsitektur%20komputer.doc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: