Pengertian Multimedia

 

Apa itu Multimedia??

Pada dasarnya multimedia berasal dari dua kata yaitu, multi dan media. Multi yang berarti banyak atau ganda, sedangkan media yang berarti sarana atau alat untuk menyimpan, menampilkan informasi. Secara umum kita dapat menyebutkan bahwa multimedia adalah kombinasi informasi yang berupa gabungan suara, gambar, teks atau video. Namun definisi  secara khusus dari bidang komputer, multimedia dapat didefinisikan berupa penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan pada pengguna komputer .

Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif. Multimedia linear adalah jenis multimedia yang tidak dapat dikontrol oleh penggunanya atau dapat diartikan jenis multimedia yang formatnya sudah fix. Sedangkan multimedia interaktif adalah jenis multimedia yang tersedia alat untuk mengolah atau memainkannya contohnya aplikasi dan game.

Untuk apa Multimedia??

Tujuan multimedia antara lain untuk hiburan (game, video/film) atau hanya sekedar bertukar informasi. Multimedia juga dimanfaatkan di bidang pendidikan. Dengan multimedia guru dapat menampilkan ilustrasi materi pelajaran lewat video animasi ditunjang dengan teks yang ditampilkan.

Dalam penggunaan multimedia dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan dapat berupa komputer, monitor, DVD/CD ROM dan speaker atau bahkan ponsel.

Dalam bentuk apa Multimedia itu??

1. Teks

Teks  merupakan media penyampaian informasi yang paling mudah dan cepat. Teks merupakan dasar dari pengolahan informasi berbasis multimedia. Selain itu bentuk informasi berupa teks merupakan jenis media yang paling mudah disimpan.

2. Gambar/ grafik

Media informasi berbentuk gambar lebih banyak dipilih dibanding teks. Hal ini dikarenakan gambar lebih terlihat menarik dan imajinatif dibanding sekedar teks. Sehingga media gambar banyak dimanfaatkan dalam dunia periklanan.

3. Audio (suara atau bunyi)

Tujuan penggunaan audio atau suara dalam menyampaikan informasi adalah tingkat kejelasaan dan kemudahan menyampaikan informasi yang bagus namun masih dengan bentuk yang sederhana.

4.Video

Dalam media video mencakup hampir semua jenis media yang ada. Dalam hal ini berarti media suara dan gambar dikombinasikan untuk menbentuk video. Bahkan dalam video terkadang disisipkan pula media dalam bentuk teks. Jenis gambar yang dihasilkan juga tidak seperti media gambar biasa. Dalam video, kita dapat melihat ribuan gambar yang berubah-udah dalam waktu yang sangat cepat. Jadi seakan-akan video adalah gambar yang bergerak.

5. Animasi

Pada dasarnya sama seperti video, yaitu gambar yang bergerak. Namun, dalam animasi tidak disedian teks sama sekali. Animasi juga cenderung lebih singkat dari video dan tidak sebaik video dalam menampilkan gambar bergerak.

Demikian sekelumit pengertian tentang apa itu multimedia, tujuan multimedia dan bentuk multimedia. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk banyak orang.

Wassalamualaikum..

Salam semangat..

Terima kasih..

daftar pustaka

1. http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

3. http://rizkynovi99.blogspot.com/2013/01/apa-itu-multimedia.html

4. http://amricosblog.blogspot.com/2011/03/apa-itu-multimedia.html

5. http://elista.akprind.ac.id/upload/files/9055_01-Pengantar_MULTIMEDIA.pdf

6. http://pertama.site88.net/file/Teoriawalmultimedia.doc

7. http://kostanprotonema.site88.net/Materi/MULTIMEDIA.doc

8. turer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia1.pdf

9. http://jeje.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28953/M1-PPM.pdf

10. http://eprints.undip.ac.id/19201/1/Multi_pert1.pdf

11. http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pengertian-multimedia/

12. http://inuboa.wordpress.com/2013/03/09/pengertian-multimedia/

Satu Tanggapan to “Pengertian Multimedia”

  1. […] Just another WordPress.com site « Pengertian Multimedia […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: