Multimedia Dalam Dunia Pendidikan

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai pemanfaatan multimedia di berbagai bidang. Sama seperti pada artikel sebelumnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan multimedia namun akan lebih fokus terhadap dunia pendidikan. Perkembangan yang serba pesat menjadikan multimedia sebagai alat penunjang untuk proses pembelajaran dan pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan multimedia sangat membantu dunia pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal yang rumit untuk dipelajari menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah dimengerti.

Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran antara lain untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali. 

A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran

Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat  menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.

Berikut adalah  faktor-faktor  keunggulan multimedia sebagai alat pembelajaran :

  • Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
  • Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
  • Dapat menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dan lain-lain.
  • Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
  • Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.

B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran

Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:

  1. Memiliki  lebih  dari  satu elemen multimedia  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan elemen  teks, grafik dan audio.
  2. Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
  3. Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.

Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memiliki  fungsi-fungsi  sebagai  berikut:

  1. Mampu  merangsang  respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
  2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
  3.  Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
  4. Mampu  memberikan  kesempatan  pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.

Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang. 

C. Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan

1. Teks

Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.

2. Audio

Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.

3.Grafis dan Gambar

Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi dan  mengidentifikasi objek. Gambar  membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.  

4. Animasi

Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.

5. Video

Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu  menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan

  1. Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
  2. Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
  3. Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
  4. Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
  5. Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.

Daftar Pustaka

  1. http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf
  2. http://xa.yimg.com/kq/groups/25207212/1380299729/name/multimediaPendidikan.pdf
  3. http://ejurnal.uin-alauddin.ac.id/artikel/09%20Penggunaan%20Media%20Grafis%20-%20Safei.pdf
  4. http://singgiheducation.blogspot.com/2009/11/pemanfaatan-teknologi-multimedia-dalam.html
  5. http://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/10/04/penggunaan-multimedia-dalam-proses-pembelajaran/
  6. http://himcyoo.wordpress.com/2012/06/07/penggunaan-multimedia-dalam-pembelajaran/
  7. http://inuboa.wordpress.com/2013/03/13/pemanfaatan-multimedia/
  8. http://multimediaang9.blogspot.com/2012/12/manfaat-multimedia.html
  9. http://ariasdimultimedia.wordpress.com/2009/03/16/multimedia-dalam-dunia-pendidikan/
  10. http://elrazy46.blogspot.com/2011/08/multimedia-sebagai-media-pembelajaran.html

Satu Tanggapan to “Multimedia Dalam Dunia Pendidikan”

  1. […] another WordPress.com site « Konsep Dasar Multimedia Multimedia Dalam Dunia Pendidikan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: