Internet Based

images

Apa itu internet ?

Internet berasal dari dua kata berbahasa inggris yaitu interconnected-networking yaitu sebuah sistem global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia menggunakan suatu standarisasi  Internet Protocol Suite (TCP/ IP). Transfer Control Protocol bertugas mengendalikan pengiriman paket informasi atau data , koreksi kesalahan dan kompresi data. Sedangkan IP (Internet Protocol) ] bertugas sebagai pengenal  dan pengantar paket data ke alamat yang dituju. Protokol TCP/IP menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia, sehingga menjadi standar utama jaringan computer. TCP/IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan kemampuan baru oleh siapa pun dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapa pun.

 Intenet Based

Keberadaan internet telah berpengaruh banyak dalam kehidupan manusia. Hampir semua bidang dapat dipermudah dengan keberadaan internet. Semua orang bisa bertukar informasi dan data sebanyak mungkin dan secepat mungkin. Di era yang serba internet ini hampir semua hal berbasiskan internet seperti bidang bisnis dapat meliputi perbankan, pendidikan, pemasaran dan transaksi. Semua istilah yang berbasiskan internet diawalin dengan huruf E- ( yang artinya Electronic) seperti E-Commerce , E-Businnes,  E-Bank, E-learning, E-marketing dan masih banyak contoh lainnya. Pada dasarnya semua itu terjadi dalam satu bidang yaitu bidang bisnis.

  • Electronic Business (E-Business)

e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha (dikutip dari wikipedia). E-Business dapat meliputi kegiatan berbasis internet lainnya yaitu :

  1. 1. Electronic Commerce (E-Commerce)

E-Commerce dapat diartikan kegiatan yang meliputi penjualan, pembelian, pembayaran atau pengenalan informasi produk dengan memanfaatkan fasilitas internet. Pembeli dapat melihat dan memilih produk lewat iklan yang dipasang di internet . Kemudian pembeli dan penjual melakukan transaksi melalui media internet. Pembeli dapat menggunakan fasilitas E-Banking untuk membayar dan penjual dapat menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang. Dalam proses pengiriman pun, pembeli atau penjual dapat memantau keberadaan barang yang dikirim melalui internet. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas penjual, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penjual dalam bersaing. Pedagang dapat  menjual produknya kepada lebih banyak orang dan dapat menjangkau pasar yang luas serta tidak perlu membuka cabang distribusi.

2.Electronic Banking (E-Banking)

Bisa dikatakan bahwa hampir semua layanan sebuah bank dapat diakses via internet. Nasabah dapat bertransaksi melalui ponsel, komputer atau laptop. Sebuah kemudahan yang ditawarkan oleh internet , semua  bisa dilakukan hanya dengan menelpon  ,mengirim SMS atau email. Banyak yang bisa dilakukan dari e-banking, nasabah dapat mengetahui informasi berupa produk dan jasa yang terbaru dari bank. Nasabah dapat melakukan pengiriman uang, pembayaran berbagai macam rekening, pembelian, informasi saldo rekening hanya dengan melalui ponsel. Serba mudah dan aman bukan? Tidak perlu lagi jauh-jauh ke bank atau k ATM untuk melihat saldo rekening.

3.  Electronic Marketing (E-marketing)

Perusahaan dapat menggunakan internet untuk melakukan pengenalan dan pemasaran produknya kepada pelanggannya. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, produsen dapat mengirim iklan dan penawaran pribadi pada konsumennya lewat emai atau bahkan jejaring sosial. Dengan cara ini, produsen dapat menekan angka pengeluaran cukup efektif.

  • Media Pembelajaran Berbasis Internet (E-Learning)

Selain di bidang bisnis, internet juga besar manfaatnya untuk media pembelajaran. Internet memiliki potensi besar untuk dijadikan media pembelajaran mengingat kelebihannya yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Sumber informasi bisa diakses kapan saja dan dari mana saja. Orang dapat mencari dan mendapatkan ilmu dan informasi apapun dari media internet dengan cepat , kapan saja dan dimanapun.  Bentuk format yang didapatpun beragam dari mulai ebook sampai informasi dari blog. Namun tetap saja diperlukan kecermatan dalam memilih ilmu yang telah didapat. Pembaca perlu memiliki banyak sumber referensi yang banyak dan beragam untuk mendapatkan informasi yang baik dan benar. Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti sekolah menulis online. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut. Selain itu pembaca (siswa) dapat menemukan sendiri materi pelajarannya dari Electronic Library yang tersedia dari berbagai situs. Di situs tersebut , siswa disuguhi berbagai macam materi pelajaran beserta soal-soal untuk menguji pemahaman.

Banyak hal yang didapatkan siswa dari media internet namun tentunya perlu juga peran orang tua dan guru sebagai pembimbing dan pengawas siswa dalam mengakses media internet. Hal ini dikarenakan banyaknya situs negatif yang dapat merusak moral dan mental siswa lewat media internet.

Daftar Pustaka

  1. http://www.anri.go.id/unduh-file/Artikel_Online_Perkembangan_Internet_Dan_Strategi_Pemanfaatannya_Pada_Perpustakaan_ANRI.pdf
  2. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197205051998021-RUSMAN/Pengantar_TIK/Internet_untuk_Pembelajaran-Rusman.pdf
  3. http://newprofil.blogspot.com/2010/11/bisnis-berbasis-internet.html
  4. http://blog.sman1dusuntengah.sch.id/pembelajaran-berbasis-web-memanfaatkan-jaringan-lan/
  5. http://www.startupbisnis.com/forum/discussion/10/socentix-menciptakan-infrastruktur-berbasis-internet-untuk-bisnis-sosial/p1
  6. http://tekfokom.wordpress.com/mater/dasar-dasarinternet/
  7. http://budianggoro.wordpress.com/kelas-9-2/dasar-internetintranet/
  8. http://sirohito.wordpress.com/tag/teknologi-berbasis-internet/
  9. http://smp.labschool.upi.edu/2011/10/media-pembelajaran-berbasis-internet-e-learning/
  10. http://bsriwidodo.wordpress.com/2008/09/23/apa-itu-internet-banking/
  11. http://tugasgw.wordpress.com/2009/07/11/e-banking-sistem-informasi-manajemen/
  12. http://id.wikipedia.org/wiki/E-business

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: