Scanner (Pemindai)

Apa itu Scanner??

Scanner merupakan jenis hardware yang berfungsi sebagai pemindai atau mesin penyalin suatu  gambar atau teks di atas kertas  atau benda lain yang berdimensi flat. Dalam hubungan dengan ilmu komputer, scanner termasuk jenis perangkat masukkan atau input deviceScanner dapat menyalin dan memindai suatu bentuk objek dua dimensi seperti tulisan atau gambar untuk diolah ke dalam komputer.

Bagaimana Cara Kerja Scanner??

Dalam proses scanning terjadi beberapa proses berikut :

  1. Objek (gambar atau tulisan)  scanning diletakkan diatas permukaan kaca pemindai/layer scanner.
  2. Sebelum objek dipindai, computer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh dimensi  dan posisi objek di kaca pemindai.
  3. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir objek.
  4. Cahaya yang dipancarkan lampu ke objek akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan  dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.
  5. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akn sampai kesensor CCD.
  6. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi sinyal analog.
  7. Sinyal analog tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh rangkaian  ADC (Analog to Digital).
  8. Sinyal digital akan dikirim ke komputer dalam bentuk data digital yang menunjukkan titik-titik objek yang telah dipindai.

Semakin luas bidang yang akan  dipindai akan semakin besar pula resolusi yang diperlukan dan akan semakin besar pula ukuran penyimpanan file tersebut dalam komputer serta semakin banyak pula RAM yang dipakai yang akan mempengaruhi kecepatan scanning.

Jenis -Jenis Scanner

1. Hand Held Scanner

scanner

Hand-held Scanner(Barcode) merupakan jenis scanner untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk penjualan. Dari kode-kode baris tersebut diterjemahkan ke kode angka yang menyimpan informasi harga dan stok suatu produk.

Cara kerja scanner ini adalah dengan cara menempelkan optikal scanner kepermukaan objek yang akan dipindai, sehingga seluruh permukaan objek tersebut direkam. Scanner jenis ini umumnya hanya untuk memindai sesuatu yang bersifat atau berbentuk teks atau baris  karena kualitasnya yang kurang baik untuk aplikasi komputer grafik.

2. Flat Bed Scanner 

scanner

Scanner jenis ini memiliki sensor CCD (Change Couple Device) yang sangat baik dalam melakukan proses pemindaian. Para pengguna komputer grafik banyak menggunakan sensor ini karena kualitas hasil scanning yang baik dan luas arena scanning yang cukup besar. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file teks maupun file gambar.

3. Sheetfed scanner

 
Scanner jenis ini merupakan jenis scanner yang bekerja dengan menyelipkan objek yang akan dipindai  ruang  flat telah disediakan, kemudian objek tersebut akan ditarik ke dalam dan akan dikeluarkan pada rongga lain dan pada saat bersamaan objek tersebut akan ditampilkan dilayar monitor komputer. Scanner jenis ini memiliki keterbatasan yaitu terbatasnya ukuran ketebalan objek yang akan dipindai. Hal ini dikarenakan celah ruang pindai yang sempit dan tipis.
scanner 2
Daftar Pustaka

http://tiara-pc.blogspot.com/2012/02/pengenalan-scanner-dan-jenisnya.html (diakses 2 April)

http://ucii-sedih.blogspot.com/  (diakses 2 April)

http://dimassuwendo.wordpress.com/2010/01/16/penjelasan-tentang-scanner/  (diakses 2 April)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: