Video Board

Pengertian dan Fungsi Video Board / VGA (Video Graphics Accelerator)

imagesVGA card adalah salah satu komponen komputer berfungsi untuk mengolah informasi berbentuk graphics untuk ditampilkan di layar monitor. Pada dasarnya VGA card memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memori tersendiri. VGA card bertugas  melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. Disebut VGA Card karena memang  bentuk perangkat ini  mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer.

Bentuk fisik VGA card sangat mirip komputer yang berukuran sangat kecil. VGA card memiliki prosesor tersendiri yang disebut dengan GPU  ditambah dengan memori di dalamnya. Saat GPU ini bekerja maka suhu pada GPU itu sendiri akan meningkat, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas untuk membuang panas. GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

VGA Card bekerja dengan  mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sebuah output visual  di layar monitor. VGA card ini mampu untuk menerjemahkan output  komputer ke monitor untuk aktifitas  design graphic atau  bermain game di komputer.

VGA card terbagi atas beberapa komponen utama antara lain GPU (sebagai prosesor) , Memory, Bus Interface, Cooling System (heatsink dan fan) , Display Interface dan PCB (Printed Circuit Board).

Macam-macam VGA Card

pada dasarnya VGA card terbagi menjadi dua jenis menurut bentuknya. yakni VGA card on board dan VGA card add-on. Masing-masing memiliki fungsi  tersendiri serta cara pemasangan yang berbeda. Berikut penjelasannya,

  • VGA card on board

VGA onboardVGA on board jenis VGA yang sudah terdapat pada semua motherboard saat  membeli komputer atau laptop karena sudah menjadi satu paket.  VGA card on-board tidak mempunyai memori sendiri. Sehingga terjadi penggunaan kapasitas  memori RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM yang memiliki kapasitas kecil (dibawah 1GB), tentu saja prestasi PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.

  • VGA card add-on

vga AOVGA jenis ini terpisah dengan motherboard. Jika pengguna  merasa VGA card on board  kurang maksimal atau kurang memadahi, bisa menambahkan VGA card add-on ini. Hal ini utamanya bagi para desainer grafis, editor film dan juga pemain game 3D. Pada VGA Add On sudah memiliki GPU dan Memori sendiri sehingga  dapat melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak menggunakan  memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafik tidak akan membebankan  komputer  akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Namun, jenis VGA ini masih cukup mahal bahkan lebih mahal dari sebuah motherboard.

Jenis Slot Pada VGA :

(dikutip dari link : http://pmkinfo5.wordpress.com/2012/11/11/jenis-vga-dan-jenis-slot-pada-vga/ )

1.  Card VGA ISA (Industry Standart Architecture)

DSC00883fs

Slot berwarna hitam yang merupakan tempat pemasangan card ( kartu sirkuit ) dan memiliki kecepatan dalam menstransfer data sebesar 8 bit / detik.

2. VL Bus

800px-KL_Quick_Technology_SCSI-2_IDE_FDCBus Vesa lokal dirancang untuk menggantikan sementara  sebagai cara untuk menangani kekurangan bus ISA bandwith.  VL Bus merupakan kelanjutan dari slot ISA yang ada.  VLB kartu ISA bisa dipasang pada slot VLB. Bagian diperpanjang biasanya berwarna cokelat khas. Hal ini membuat VLB kartu cukup panjang mirip slot PCI, dan menggunakan konektor fisik yang sama.

Beberapa kelemahan VLB dapat membatasi masa manfaatnya secara substansial. VESA Lokal sangat bergantung pada intel 80486 CPU desain memori bus’s. Saat  P5 Pentium prosesor mulai mendapat penerimaan massa, sekitar tahun 1995, trdapat perbedaaan besar dalam desain busnya, sehingga Bus VESA Lokal tidak mudah beradaptasi.

3. Card VG PCI (Peripheral Component Interconnect)

Ati-Lt-Pro-Video-Card-PCI-VGA-TV-Out-HS-VGA-M-02-Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. VGA card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, karena keterbatasan fitur vga jenis ini kini sudah jarang sekali digunakan. PCI kemampuan menstransfer data sebesar 32 – 64 bit / detik lebih cepat dibanding ISA. Standar PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per detik atau 2,112 Gbps. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Slot yang berwarna putih yang digunakan sebagai tempat pemasangan card yang berslot PCI.

4 Card AGV (Accelerated Graphics Port)

card-agvPada Juli 1996 intel membuat AGP pertama kali (1.0) dalam seri chipset intel 440. AGP bersifat independen dan dibuat  berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. AGV dibuat khusus sebagai bus mendukung kartu grafis berkinerja tinggi menggantikan yang sebelumya.

vga11

Selain spesifikasi diatas, ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGV pro dan Pro Universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Versi 1.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.1a pada bulan April 1999. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa, dengan tambahan daya 110 Watt, lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt.

5. Card VGA PCI Express

vga15PCI Express, dirancang agar mampu memasang peralatan-peralatan mutakhir, PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x  merupakan 2 versi slot PCI Express yang terkenal  yang digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk memasang peralatan tambahan. Ciri fisiknya dengan melihat bentuknya yang merupakan kebalikan dari PCI Biasa.  tahun 2006, AGV mulai digeser oleh PCI express 16x ini, damana ia mampu mentransfer hingga 4000 Mbyte/detik, hamper 2 kali lebih cepat dari AGV 8X, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja).

Daftar Pustaka

http://belajar-komputer-mu.com/mengenal-pengertian-vga-card-dan-jenisnya/ (akses tanggal 26 April 2013)

http://pmkinfo5.wordpress.com/2012/11/11/jenis-vga-dan-jenis-slot-pada-vga/  (akses tanggal 26 April 2013)

http://agitaafrina.wordpress.com/2013/02/12/mengenal-pengertian-vga-card-dan-jenisnya/  (akses tanggal 26 April 2013)

http://degokers.wordpress.com/  (akses tanggal 26 April 2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: